Tags

Resensi Film The Edge Of Tomorrow

Edge of Tomorrow (2014) Poster 

Director:

Doug Liman

Writers:

Christopher McQuarrie (screenplay), Jez Butterworth (screenplay)

Stars:

Tom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton

Film ‘The Edge of Tomorrow’ akhirnya rampung di tangan sutradara Doug Liman. Nuansa action war sci-fi kental membalut seluruh film. Paduan akting Tom Cruise dan Emily Blunt menambah seru.
Mereka hadir di masa depan, saat Bumi dapat ancaman mencekam. Invasi alien berhasil menguasai beberapa wilayah. Namun, manusia masih berusaha bertahan. Mereka berperang mengusir alien.
Letnan Kolonel Bill Cage (Tom Cruise), merupakan seorang perwira yang nihil pengalaman perang. Ia belum pernah merasakan kerasnya laga pertempuran secara langsung. Memegang senjata saja gugup.
Mendadak, ia ditugaskan angkat senjata bersama prajurit lain melawan alien. Seperti bisa diduga, dalam beberapa menit Bill pun tewas. Namun, ada kejanggalan yang dirasakan Bill setelah kematiannya.
Setelah mengembuskan napas terakhir, tiba-tiba Bill terbangun. Latar kembali ke sehari sebelum ia menemui ajal. Itu terjadi berulang-ulang. Setiap kali tewas, kala itu pula ia terbangun di hari yang sama.
Kelamaan, Bill hapal rentetan kejadian yang akan hadir di hadapannya. Hingga suatu saat, ia bertemu tentara wanita bernama Rita Vrataski (Emily Blunt) di peperangan. Keduanya dihubungkan pengalaman aneh yang sama. Rita juga terbangun setiap kali tewas.
Lambat laun, mereka bekerja sama memanfaatkan keganjilan itu. Bersama Rita, Bill berlatih hingga menjadi tentara yang lebih baik setiap kali bangun. Mereka bahkan punya misi mengalahkan alien.
Namun, menuntaskan misi tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi, ada suatu kejadian, Bill terancam tidak akan lagi bisa terbangun dari tidur setelah tewas di peperangan.
Secara keseluruhan, ‘The Edge of Tomorrow’ menyajikan adegan-adegan laga menggetarkan dalam tempo cepat. Penonton harus fokus memperhatikan setiap adegan jika tidak ingin ketinggalan alur.
Akting laga Tom Cruise patut diacungi jempol. Meski sudah berusia 51 tahun, Tom masih bisa menampilkan sisi energiknya. Ia juga lihai membangun karakter dari perwira yang tak berpengalaman, menjadi seorang prajurit tangguh.
Sementara itu, Emily Blunt, sukses menyajikan sisi cantik yang baru. Bukan lagi melalui senyum atau rayu, melainkan dari keberanian serta kegagahan sebagai seorang serdadu.
Secara umum, Doug Liman mampu menghadirkan semangat juang film yang diadaptasi dari novel Jepang karya Hiroshi Sakurazaka itu. Perjuangan Tom dan Emily menyelamatkan Bumi, bisa disaksikan di bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu (28/5).

1 komentar: